4 Tips Membangun Rumah Hemat Biaya

bangun rumah

Semakin hari semakin banyak orang yang memikirkan untuk membangun rumah mereka sendiri, terlebih untuk mereka yang hingga saat ini masih belum memiliki rumah sendiri, dan hidup dengan menyewa tempat tinggal. Biaya menyewa rumah yang semakin meninggi, dan keterbatasan berkreasi dengan bangunan rumah membuat setiap orang mengidam-idamkan memiliki rumah pribadi. 

Sudah bukan rahasia bahwa untuk membangun rumah, Anda perlu mengeluarkan begitu banyak pundi-pundi rupiah. Mengetahui rumah impian tidak dapat dibangun dengan hanya satu atau dua juta rupiah, dan dengan penghasilan rata-rata yang tidak begitu banyak jumlahnya, beberapa orang berusaha untuk menyisihkan sebagian uang penghasilannya untuk ditabung agar kelak dapat terkabul harapan mereka memiliki rumah pribadi.
 
Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Begitula kira-kira kata pepatah lama. Sedikit demi sedikit uang yang Anda sisihkan, semakin lama, akan beratus-ratus juta jua nominalnya. Setelah sekian lama dan akhirnya tabungan Anda menyentuh angka ratusan juta, Anda pasti tak sabar untuk memulai bangun rumah.
 
Namun jika hasil tabungan Anda tidak seberapa, tentu akan sulit membangun rumah megah dan mewah bergaya mediterania, misalnya. Jika Anda keterbatasan biaya, ada baiknya membangun rumah sederhana saja. Dengan perencanaan yang cermat, rumah yang tidak begitu besar juga tidak kalah nyaman dengan rumah megah lainnya, lho!
 
Untuk membangun rumah hemat biaya, ada beberapa cara yang dapat berguna untuk Anda.

1.    Bentuk rumah sesederhana mungkin
Rumah yang memiliki bentruk geometri sederhana seperti persegi atau persegi panjang akan menghabiskan dana yang lebih sedikit dibanding rumah dengan bentuk yang rumit. Hindari merancang bangunan yang memiliki sisi berliuk dan adak melengkung karena akan semakin sulit dikerjakan, sehingga akan lebih menghabiskan banyak biaya.
 
Untuk membangun rumah dengan bujet yang tidak banyak, minimalis adalah satu-satunya cara yang dapat Anda tempuh. Namun di jaman sekarang, bahkan orang-orang dengan bujet tinggi pun banyak yang memutuskan untuk mendesain rumah mereka dengan gaya minimalis karena alasan kemudahan dekorasi dan kenyamanan hidup sederhana. Dengan perencanaan yang tepat, rumah dengan bentuk geometri sederhana dapat juga tampak menawan. 

Kalau sudah begini, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak tertarik membangun rumah minimalis, bukan?
 
2.    Pilih metode bangun rumah dan material dengan cermat
Pelajari dengan cermat metode-metode pembangunan yang tersedia untuk rumah yang Anda idamkan, dan pilih salah satu yang paling cocok dengan kebutuhan dan keadaan Anda. Jika Anda masih belum mengetahui dengan pasti masalah metode pembangunan rumah, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi kontraktor yang biasanya diberikan secara cuma-cuma. 

Selain metode pembangunan, Anda perlu juga mencari tahu berbagai merek material bangunan yang dijual di pasaran sebelum memilih salah satu material terbaik dalam rentang harga yang mampu Anda jangkau.
 
3.    Pertimbangkan biaya jasa dari berbagai kontraktor
Karena dana Anda terbatas, kualitas kontraktor bukan menjadi satu-satunya indikator dalam memilih pihak pembangun rumah. Sama halnya dengan ketika Anda memilih material bangunan, Anda juga perlu melakukan sedikit research untuk menentukan kontraktor yang paling terpercaya dengan reputasi yang luar biasa dan biaya jasa paling masuk di akal.
 
Namun Anda juga tidak boleh tergoda banderol harga murah yang dipasang oleh kontraktor. Siapa yang tahu pihak tersebut adalah kontraktor gadungan yang tidak hanya akan membuat Anda kecewa di kemudian harinya?
 
4.    Gunakan jenis jendela berukuran besar
Hal yang satu ini mungkin tidak bisa menekan secara langsung biaya pembangunan rumah, namun akan sangat efektif untuk menghemat pengeluaran Anda ke depannya. Dengan menggunakan jenis jendela yang besar, hunian Anda akan memiliki sumber pencahayaan yang cukup sehingga pembelian dan penggunaan jenis lampu nantinya dapat dikurangi secara signifikan.
 
Demikianlah 4 tips bermanfaat yang mungkin dapat membantu Anda membangun rumah idaman dengan dana yang tidak terlalu besar. Selalu ingat bahwa yang mempengaruhi nyaman atau tidaknya pekerjaan proyek bangun rumah adalah matang atau tidaknya seluruh perencanaan awal.

Posting Komentar

0 Komentar