Perjalanan COMME des GARÇONS PLAY dan Converse Hingga Akhirnya Melahirkan Kolaborasi yang Unik!

Alas kaki hadir dalam beragam model dan warna untuk menunjang dan menyempurnakan setiap gaya pakaian yang sangat bermacam-macam. Pakaian pria dan wanita selalu berubah mengikuti perkembangan zaman dan aktivitas yang dijalankan sehari-hari. Mengetahui bahwa sepatu adalah bagian yang menjadi peran penting terhadap keseluruhan penampilan, makan desain sepatu pun sangat variatif untuk digunakan di situasi tertentu.

Salah satu sepatu yang sangat abadi di pasaran, yaitu Converse. Converse sendiri adalah perusahaan sepatu asal Amerika yang yang telah mendunia dan dikenal keahliannya dalam pembuatan sepatu, pakaian, dan aksesoris lainnya. Berdiri sejak 1908, Converse telah mengalami pasang dan surut dalam dunia manufaktur sepatu, Chuck Taylor seringkali terdengar jika berbicara mengenai sepatu Converse. Chuck Taylor memang menjadi bagian penting dari perjalanan brand ini, awalnya menjadi pegawai sales, hingga mendapat logo identik pada sepatu-sepatu Converse.

Popularitasnya semakin meroket saat musisi-musisi dunia seperti Andy Warhol, John Lennon, Kurt Cobain gemar menggunakan sepatu ini. Bahan dasar kain kanvas telah menjadi ciri khas dari sepatu ini, mudah menyerap air, mudah dicuci, mudah dirawat, material tidak mudah rusak, Converse masih tetap dicintai hingga saat ini. Melakukan banyak kolaborasi dengan nama-nama terkenal adalah inisiasi agar brand ini terus konsisten dan kompetitif di pasaran.

Nah kalau nama Comme des Garçons sudah sempat dengar juga dong? Comme des Garçons adalah fashion label asal Jepang yang didirikan oleh Rei Kawakubo pada tahun 1969. Berbasis di Tokyo dan Paris, kedua kota ini adalah tempat di mana CDG menampilkan koleksi utamanya. Sejak debut Kawakubo di Paris, brand ini terus mendorong batas-batas mode karena setiap generasi itu memang berbeda. Keberhasilan Comme des Garçons menunjukkan bahwa desainnya telah diterima oleh masyarakat.

Konsep-konsep yang dikembangkan oleh sang desainer akhirnya mendapat perhatian untuk pasar internasional. CDG sudah memiliki store mereka di beberapa negara yang tersebar. Rei Kawakubo memperkuat pernyataan bahwa "Fashion is Statement", Rei sendiri tidak memiliki riwayat pendidikan dan pengalaman sebagai seorang desainer pakaian. Rei adalah lulusan seni dan literatur di Keio University. Logo 'Play' didesain oleh Filip Pagowski secara spontan dan dapat diartikan hati dan mata ini adalah sebuah lambang dari tanda, perasaan dan simbol. Baik Converse dan Comme des Garçons keduanya telah melakukan banyak kolaborasi apik bersama brand-brand dan desainer ternama di dunia dan sukses mendapatkan hati dari para pecinta fashion. Kolaborasi yang dibangun kedua brand ini berhasil dicintai oleh banyak orang. Kesuksesan ini memicu kolaborasi ini terus berkembang dari waktu ke waktu.

Di tahun 2015, sneakers ikonik dirilis oleh Converse dan CDG yang memberikan ada kejutan dengan sepatu khas Converse, "Chuck Taylor All Star". Meluncurkan beberapa jenis sepatu sneakers premium, dari yang high-tops dan low-tops. Sepatu ini juga didesain dengan logo 'Play' (hati) a'la Comme des Garçons. Nuansa warna heavy-grade kanvas hitam dan putih memberikan tampilan yang minimalis, simpel, nyaman, dan tetap eye-catching. Jejak 'Play' dan khas sepatu Converse menindaklanjuti kepopuleran mereka dengan rilisan sepatu ini.



Diluncurkan secara eksklusif di Dover Street Market London dan New York, sepatu ini laku di pasaran. Kolaboratif ini memberi pelajaran bahwa sesuatu yang anti-mainstream belum tentu tidak mendapatkan tempat di hati masyarakat. Terbukti dengan hasil kolaborasi ini, Converse sendiri memiliki kesan sebagai sepatu santai, sedangkan CDG sendiri adalah premium fashion brand. Namun kedua brand ini membungkus menjadi sebuah fenomena baru, inspirasi siluet ini memberi pelajaran bahwa jangan sungkan untuk mendalami sesuatu jika belum dicoba. Insting dan keseriusan Converse dan Comme des Garçons tertuang dalam sepatu-sepatunya yang sangat memikat.

Sepatu 2

Informasi ini dipersembahkan oleh : Bobobobo

Komentar

Postingan Populer