Harga Beras : Tips dan Trik Membeli Beras yang Berkualitas

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Hal ini pula yang turut membuat harga beras mudah naik jika persediaannya berkurang ataupun permintaan untuk bahan pokok ini melunjak. Apa lagi di masa-masa liburan dan hari raya. Harga bahan makanan pokok ini juga mempengaruhi kualitas beras yang akan dibeli.  

Harga Beras Blibli

 
Berbagai jenis beras ditawarkan dengan harga-harga tertentu sesuai dengan kualitasnya. Namun tidak jarang dijumpai para pedagang yang berlaku curang untuk mengeruk keuntungan yang lebih. Salah satunya adalah menggunakan bahan kimia untuk memutihkan beras atau meningkatkan aroma beras tersebut. 
 
Memilih Beras yang Berkualitas
Mengetahui hal seperti ini, maka tugas Anda untuk lebih hati-hati dalam memilih beras. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga beras murah yang kemungkinan malah membahayakan. Untuk menghindari terjadinya kesalahan saat memilih beras, kami akan memberikan tips-tips yang akan membantu Anda memilih beras dengan kualitas yang baik.
 
1.    Penampilan Beras
Anda harus memperhatikan penampilan beras yang akan dibeli sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal yang harus diperhatikan adalah beras yang bersih, bebas dari kerikil , kotoran, dan kutu. 
 
Anda juga harus memilih beras yang warnanya tidak terlalu putih. Hal ini karena sedang maraknya pedagang curang yang menjual beras dengan menggunakan pemutih dan tentu saja membahayakan kesehatan.
 
2.    Beras berharga murah
Jangan percaya jika ada penjual yang menjual beras dengan harga yang murah. Hal ini karena beras tersebut bisa jadi adalah beras berkualitas rendah ataupun beras yang telah diberi bahan kimia. Walaupun begitu, Anda tidak harus membeli beras yang terlalu mahal. Sesuaikan saja dengan dana yang dimiliki namun prioritaskan untuk membeli beras yang dijual dengan harga logis.
 
3.    Tekstur Beras
Perhatikan tekstur beras yang akan Anda beli. Pilihlah beras yang tidak mudah hancur atau patah ketika Anda tekan. Kemungkinan besar beras yang mudah hancur mempunyai kondisi yang tidak baik dan kualitasnya rendah. Biasanya harga beras yang mudah hancur lebih murah daripada beras dengan kualitas baik. 
 
4.    Aroma Beras
Aroma Beras juga termasuk salah satu kriteria dalam memilih beras yang baik. Cium aroma beras tersebut. Jika Anda mencium bau apek saat mencium beras tersebut, tandanya beras tersebut sudah disimpan terlalu lama. Selain itu, jika beras tersebut mempunyai aroma yang terlalu harum, karena bisa jadi aroma yang keluar berasal dari bahan kimia.
 
5.    Remas beras tersebut
Jika sedang memilih-milih beras, Anda juga harus meremas beras yang akan dibeli. Jika pada saat Anda remas beras tersebut menempel di tangan, maka itu tandanya beras itu mengandung bahan kimia yaitu pelicin. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari beras tersebut karena akan membahayakan kesehatan.
 
Demikianlah 5 tips dan trik yang dapat Anda terapkan ketika memilih dan membeli beras. Banyak beras yang dijual dengan berbagai pilihan merk dan kualitas, tentu ini membuat Anda sedikit kesulitan menemukan jenis beras yang berkualitas. Alternatifnya, Anda bisa langsung membeli beras di toko terpercaya. Sebab di toko yang kredibilitasnya baik sudah pasti menyediakan beras berkualitas serta dengan harga beras yang lebih bervariasi.
 
Sekali lagi, beras menjadi salah satu bahan makanan pokok yang setiap harinya Anda butuhkan. Tingkat kebutuhan yang tinggi ini tentu harus Anda barengi dengan memastikan bahwa beras yang nantinya dimasak dan dikonsumsi adalah beras yang bersih, sehat dan aman untuk kesehatan.



Komentar

Postingan Populer