Tips Memilih Rak Buku Dan Manfaatnya

Indonesia darurat membaca, hal ini mungkin sudah lama di gaungkan, terutama di era modern seperti ini, di mana click bait ditambah dengan tampilan gambar yang mendukung, kemudian di bagian komentar ada banyak netizen yang komentar asal-asalan tanpa membaca ini artikelnya terlebih dahulu.

Padahal buku sendiri adalah jendela dunia, dimana terkadang untuk mengetahui sesuatu kita tidak perlu pergi tempat tersebut. Namun hal ini juga cukup bisa dimaklumi dimana teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia sehingga tingkat kemalasan untuk membaca buku semakin meningkat, tidak heran orang-orang jaman sekarang lebih suka membaca status media sosial dari pada membaca buku. 
 
Rak Buku

Tapi walaupun begitu peminat buku bukan berarti tidak ada, mungkin salah satunya anda sendiri yang sedang membaca artikel ini, bagi anda yang suka membaca buku mungkin sudah mengoleksi puluhan bahkan mungkin ratusan buku di rumah anda, tapi sudahkah buku-buku koleksi anda di koleksi dalam wadah ? contohnya seperti rak buku.

Tapi apa saja sih gunanya rak buku ?


- Memudahkan Pencarian

Rak buku sangat berguna untuk pencarian, anda bisa menyusun buku-buku koleksi anda dalam beberapa kategori, misalnya, fiksi, non-fiksi, pengetahuan umum, dan lain-lain. Jadi jika suatu saat kamu membutuhkan buku yang kamu inginkan maka tidak sulit untuk mencarinya.

- Menjaga Keawetan Buku

Buku yang tersimpan di dalam rak tentu akan terjaga keawetannya, setidaknya debu yang menempel di buku tidak sebanyak jika diletakan jika ditempatkan di luar rak buku, apalagi jika rak buku anda yang memiliki penutup kaca. Selain itu menempatkan buku di dalam rak juga bisa menjauhkannya dari jangkauan anak-anak.

Jika sudah mengetahui manfaat memiliki rak buku, berikut ini tips bagaimana memilih rak buku :

Ukuran
Sebelum membeli rak buku, sebaiknya perhatikan dan ukur ruangan yang akan di tempati rak buku terlebih dulu, jangan sampai rak buku yang anda pilih terlalu besar sehingga membuat ruangan menjadi terasa sempit.

Poin kedua dalama memilih ukuran adalah sesuaikan dengan jumlah koleksi buku, dalam hal ini sebaiknya jangan memilih ukuran yang terlalu kecil untuk ukuran koleksi anda, bagaimana jika memilih yang besar ? dalam hal ini pertimbangkan apakah koleksi anda akan bertambah atau tidak, jika kedepannya koleksi buku anda akan semakin bertambah, maka tidak ada salahnya jika membeli rak buku yang sedikit lebih besar.

Keawetan

Jangan sembarang memilih bahan untuk rak buku, sebaiknya pilih bahan yang tahan lama, selain itu pilih juga bahan yang tahan lembap dan tahan dari rayap, selain menjaga rak buku dari keropos tentu saja menjaga buku-buku koleksi anda agar tidak cepat rusak.

Sesuaikan Dengan Gaya Ruangan

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran rak buku juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keindahan ruangan, karena itu memilih model dan warna rak buku merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan, misalnya jika rumah anda bergaya tradisional, maka jangan menempatkan rak buku model modern di dalamnya, dan begitu pula sebaliknya.

Komentar

Postingan Populer