Mengobati Luka Pada Penderita Diabetes

Obat Luka Operasi Goapotik

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang di dunia ini adalah diabetes. Penyakit ini lahir karena tingginya kadar gula dalam darah. Hal tersebut disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik dan asupan gula berlebih setiap harinya. 
 
Penyakit diabetes tidak sekadar menyerang kadar gula dalam darah saja. Lebih dari itu, penderita diabetes juga berpotensi mengalami komplikasi mengingat darah merupakan elemen penting bagi tubuh. Luka yang diderita akan menjadi lebih lama sembuh saat seseorang mengalami diabetes. Meski sudah ada obat luka operasi yang bisa mempercepat penyembuhan, tetap saja penyembuhannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, ketahui lebih dulu cara pengobatan luka pada penderita diabetes dengan melakukan beberapa hal berikut ini.
 
Ketahui penyebab luka susah sembuh
Tidak seperti orang normal, penderita diabetes cenderung lebih sulit dalam proses penyembuhan luka. Mengapa demikian? Hal inilah yang perlu Anda ketahui lebih dulu sebelum melakukan proses pengobatan luka kepada para penderita diabetes.
 
Penyembuhan luka pada penderita diabetes tidak bisa berjalan normal karena kadar gula yang tinggi pada darah penderitanya. Kadar gula yang tinggi tersebut memicu pengerasan pada dinding pembuluh darah. Sehingga, aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh juga akan terhambat. Lalu, apa hubungannya dengan luka yang lebih lama sembuh? Untuk memperbaiki jaringan kulit yang terluka, tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi. Saat aliran darah tidak normal akibat diabetes, maka proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama dan lebih sulit.
 
Bersihkan Luka Secara Rutin
Pengobatan luka pada penderita diabetes tidak bisa secepat pada orang-orang normal. Meskipun demikian, bukan berarti kita harus pasrah dan menerima keadaan saja. Sebab, proses pengobatan masih bisa dilakukan salah satunya yakni dengan menjaga selalu kebersihan luka.
 
Bersihkan luka secara rutin agar tidak menjadi semakin parah dan menyebar. Anda bisa membersihkan luka dari kotoran dengan menggunakan air mengalir terlebih dahulu. Hindari penggunaan sabun karena bisa berpotensi menimbulkan infeksi pada luka. Setelah itu, jangan lupa untuk menutup luka dengan menggunakan perban agar tidak ada lagi kotoran yang menempel pada luka sekaligus mencegah proses infeksi yang bisa membuat luka jadi semakin parah.
 
Demikian cara pengobatan luka bagi para penderita diabetes yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mengetahui cara-cara lainnya pada artikel penyembuhan luka diabetes dari Guesehat. Selamat mencoba!

Posting Komentar

1 Komentar