Cara Alami Melancarkan Menstruasi yang Mudah Diterapkan

Penyebab Haid Tak Teratur
 
Menstruasi atau haid terjadi pada wanita yang sudah dewasa atau siap secara reproduksi. Ditandai dengan keluarnya darah dari vagina yang menandakan luruhnya dinding rahim. Proses menstruasi bisa terjadi antara 5 hingga 10 hari selama 28 hingga 35 hari sekali. Seharusnya wanita memiliki siklus menstruasi yang sama setiap bulannya, misalnya setiap 28 hari sekali sehingga dapat diprediksi kapan akan mendapatkan haid di bulan berikutnya. Namun kondisi ini tidak dimiliki oleh semua wanita karena masalah hormonal hingga pola hidup yang kurang sehat.

Kondisi haid yang tidak teratur menyebabkan masalah kesehatan tersendiri seperti nyeri perut menjelang menstruasi, mood yang tidak stabil hingga perhitungan masa subur yang menjadi lebih sulit. Ada beberapa penyebab haid tidak teratur yang harus dihindari agar perlahan-lahan haid bisa lebih stabil. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang dapat Anda minimalisir:

•    Kelelahan fisik karena aktivitas.
•    Stress.
•    Faktor hormonal karena konsumsi obat hormonal.
•    Gangguan penyakit reproduksi.

Bagi Anda yang selalu memiliki haid tidak lancar dan sakit, tak ada salahnya untuk melakukan tips berikut ini sehingga memiliki siklus menstruasi yang lebih sehat dan lancar. Ini dia cara melancarkan haid yang bisa Anda lakukan dengan sederhana:

•    Menghindari kelelahan fisik dengan cukup beristirahat.
•    Menghindari stress pikiran.
•    Menjaga berat badan.
•    Olahraga.
•    Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak perlu.

Jika dibutuhkan, Anda juga dapat mengkonsumsi ramuan herbal yang terbukti memperlancar menstruasi secara alami dan sehat.

Selain kelancaran menstruasi, menjaga agar organ kewanitaan tetap bersih dan sehat selama masa haid juga menjadi faktor penting untuk kesehatan. Gunakan pembalut wanita dari Laurier yang sesuai dengan Anda. Laurier memiliki berbagai varian pembalut dengan kemampuan daya serap tinggi serta higienis. Jangan lupa untuk mengganti pembalut minimal 3 kali sehari agar organ kewanitaan tetap bersih dan aman meski Anda sedang berada di awal menstruasi yang biasanya banyak mengeluarkan cairan. Selain mengganti pembalut, jangan lupa juga untuk mengganti celana dalam setidaknya 3 kali sehari.

Posting Komentar

0 Komentar